baju butikMemiliki usaha kecil, baik sebagai usaha pokok atau sampingan adalah impian banyak orang. Buat banyak orang, memiliki usaha adalah sebuah kemerdekaan atas ‘status pekerja’ mereka. Tentu saja, dalam membuat sebuah usaha, harus dipertimbangkan berbagai aspek, salah satunya adalah tingkat pengetahuan kita tentang bidang tersebut. Buat banyak perempuan, membuka butik tampak sangat menarik dan menyenangkan.

Pertanyaannya, benarkan membuka butik milik pribadi itu menyenangkan? Satu sisi, menyalurkan hobby mendesain dan peluang mendapatkan penghasilan dari butik tersebut bukan hanya menyenangkan tetapi juga memberikan kepuasan yang tidak terukur, tetapi di sisi lain, ketika butik tersebut bukan memberikan pemasukan tetapi justru banyak menyerap uang pribadi untuk operasionalnya, tentu ini menjadi sebuah masalah serius.

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan memulai usaha butik, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dengan jelas. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Pengetahuan Anda tentang calon pembeli dan kondisi pasar dengan produk sejenis. Jika Anda buta kekuatan calon competitor serta Anda kurang informasi tentang pasar, maka sebaiknya Anda mempelajari hal-hal tersebut lebih dalam lagi dan menunda bisnis baju butik Anda.

2. Anda harus mengetahui segmentasi pasar Anda sendiri. Pemakai baju butik adalah orang-orang dengan kekhususan selera. Mereka bukanlah orang-orang yang cukup puas dengan baju berlabel di toko-toko terkemuka dengan harga mahal. Buat mereka, harga mahal bukan jaminan, akan tetapi keistimewaan desain adalah yang utama. Anda juga harus menentukan, di pasar mana baju butik Anda akan bertarung. Sebagian pengusaha memilih butik muslim sebagai target market. Pilihan ini cukup cerdas mengingat setidaknya, ada musim-musim tertentu dimana baju-baju muslim akan menjadi buruan, seperti masa sebelum lebaran.

3. Berhubungan dengan nomor dua, Anda harus memiliki desain yang istimewa yang cukup kuat untuk menarik banyak calon pembeli. Calon pembeli harus memiliki pilihan yang istimewa. Tanpa desain yang istimewa, butik Anda tidak akan ada bedanya dengan butik lain.

4. Pertimbangkan kembali biaya produksi butik Anda. Jika membuka butik biasa terlalu mahal, tidak ada salahnya Anda mencoba membuka butik online. Cara ini akan membantu Anda menghemat banyak biaya produksi seperti sewa tempat, desain venue dan gaji penjaga. Jika Anda memutuskan berjualan dengan butik online, pelajari terlebih dahulu banyak hal tentang butik online, termasuk masalah SEO, pagerank dan lain-lainnya yang akan menentukan ‘terkenal’ tidaknya butik Anda.